Sunday, December 16, 2012

Cemburu atau Memburu?



Cemburu itu tanda cinta, begitulah kata para pujangga. Cemburu yang positif adalah Cerita membawa perubahan untuk yang baru. Sedangkan cemburu yang negatif akan berubah menjadi "Memburu". Cemburu itu sebenernya baik, asal ditempatkan pada kondisi dan waktu yang tepat. Cemburu yang positif dapat membangun motivasi baru, sedangkan cemburu yang negatif itu dapat merusak tali silahturahmi.

Contoh Cemburu Positif:

Lo udah kuliah dan wisuda duluan dari adek lo. Tapi adek lo lolos tes dan jadi PNS di Libya. Lo cemburu dan galau. Jadi, lo bertekad untuk gak mau kalah dari adek sendiri dan berniat menjadi pengusaha dengan jualan betadine di Jalur Gaza. 

Contoh Cemburu Negatif:

Lo dapet rangking 6. Lalu temen sebangku lo dapet rangking 3. Lo jadi kesal dan cemburu. Dan lo berniat untuk ngerjain dia di toilet dengan nyiramin kuah lontong ke tititnya. Lalu temen lo masuk UKS dan ketinggalan pelajaran. #tragis #sadis

Cemburu itu ada dimana-mana, baik dalam keluarga, pertemanan, pekerjaan ataupun dalam sebuah hubungan. Cemburu itu adalah bumbu-bumbu penyedap dalam hidup. Jika diberikan takaran pas, hidup lo akan terasa lezat. Sedangkan jika diberi takaran yang berlebihan, hidup lo akan jadi keasinan.


Postingan kali ini gue akan berbagi jenis-jenis cemburu dalam suatu hubungan. Here they are:

1. Cemburu Karena Fisik.

Cemburu ini didasari pada kondisi atau bentuk fisik. Ini terjadi karena ketika ada jenjang kecemburuan kecakepan. Misalnya lo jelek, pacaran sama cewek cantik/cowok ganteng. Hampir 69% mereka yang merasa dirinya jelek cemburu sama pacarnya yang cakep. Apa-apa pasti dicemburuin. Ketika pacar lo deket sama cowo/cewe lain lo langsung terbakar cemburu dan nanya, "Siapa dia? Anak mana dia? Berapa nomor celana dalamnya?". Cemburu berawal dari interogasi.

Ataupun ketika pacar lo lapar dan pergi beli siomay dan ngomong "Bang, siomaynya satu. Gak pedas ya bang." kemudian lo cemburu sama abang-abang siomay dan memporak-porandakan gerobak dagangannya lalu masuk penjara.

2. Cemburu Karena Beda Harta.

Cemburu ini ditimbulkan karena adanya perasaan gak mau kalah sama pacar sendiri. Yap, ini adalah tipe cemburu yang najis abis. Gue gak ngerti kenapa ada orang kelahi sama pacarnya cuma gara-gara pacarnya beli BB baru. Cemburu seperti ini bener-bener gak pantas. Biasanya yang suka cemburu seperti ini, karena berpikiran buruk sama pasangannya yang punya barang baru. Umumnya terjadi pada gadget seperti Handphone. Contohnya ketika pacar lo hapenya butut misalkan HP Nokia 1110 dan kemudian dia menang undian berhadiah karena beli gorengan di mall, dan dia dapet hadiah Blackberry. Nah cemburu itu berawal dari saat pacar lo yang punya BB baru minta pin BB teman-temannya dan dia lebih sering BBM-an daripada telponan sama lo. Wajar aja sih sebenernya kalo punya barang baru, kodratnya ketika kita punya barang pasti rajin dipake dan diutak-atik sampe bosen. Ketika pacar lo dapat rejeki yang berlebih sehrusnya lo senang. Bukannya malah dicemburuin dan kelahi gara-gara sebuah barang contohnya kelahi sama pacar rebutan pencukur jenggot.


3. Cemburu Karena Pekerjaan.

Nah ini adalah mayoritas cemburu itu berasal. Ini terjadi ketika punya pacar yang pekerjaan yang lebih baik dan lingkungan pekerjaannya dikelilingi sama yang "bening-bening" (bukan lampu taman!). Gue bener-bener gak ngerti sama kecemburuan seperti ini. Ini kan tentu menghalangi perkembangan pacar kita. Di dalam setiap hubungan itu ada resikonya, nah 69% resiko tersebut berasal dari profesi atau pekerjaannya. Gue kasih contoh untuk kasus ini: Zubaedah udah pacaran selama 9 bulan 10 hari sama Jamal. Zubaedah bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Sedangkan Jamal bekerja sebagai pedagang bakso. Zubaedah cemburu dengan Jamal karena sering dideketin sama anak SMA yang beli bakso kepadanya. Kemudian Zubaedah mempunyai rencana konyol dengan mengganti bakso dagangan Jamal sama bakso daging Trenggiling. Lalu ketika bakso dagangan Jamal dibeli, anak-anak SMA yag beli menjadi muntah dan minta ganti sama Jamal. Jamal stress. Kemudian jamal meracuni diri sendiri dengan memakan sup ari-ari monyet. Jamal meninggal, kemudian Zubaedah menangis dan teriak, "Kenapa ini harus terjadi padaku Tuhan?!!! Kenapa?!!!" #sinetronabis

Kesimpulannya: Cemburu itu harus dibatasi. Jangan sampai perasaan dan emosi dikendalikan oleh cemburu dan berubah jadi "Memburu". Cemburu itu bisa diredam dengan menjalin kominikasi yang baik, daripa terasuki cemburu terhadap dugaan-dugaan buruk yang tak pasti. Cemburu itu layaknya kompor. Jika diberi api yang sedang, hubungan akan terasa hangat dan enak untuk dijalani. Jika diberi api yang besar, hubungan akan panas membara badai ulala dan hubungan menjadi retak. Pikirkan sekali lagi, ketika hubungan telah hancur, kenangan akan menghantui, dan penyesalan selalu datang terlambat. Jagalah hubunganmu, jagalah pacarmu, belum tentu diluar sana kamu akan memiliki pacar yang sama seperti pacarmu yang sekarang/ #ceileeeeh.

Sekian dulu. Syukron. Wassalam.

0 comments:

Post a Comment